penyakit menular seksual ( PMS )

Definisi dan Gambaran Umum

Penyakit Menular Seksual (PMS) adalah penyakit dapat menular melalui hubungan seksual dengan seseorang yang terinfeksi. Dapat ditularkan oleh pasangan Anda lewat aktivitas seksual yang melibatkan vagina, penis, anus, atau mulut. Mengacu pada penyakit yang beragam, dengan gejala-gejala yang berbeda tiap penyakit, dan beberapa lebih serius daripada penyakit yang lain. Namun, semuanya membutuhkan pengobatan untuk mencegah komplikasi dan membahayakan hidup pasien.

Jenis-jenis Penyakit Menular Seksual (PMS)

Penyakita Menular Seksual (PMS) yang paling umum adalah:

Herpes Kelamin

Penyakit ini disebabkan oleh virus herpes simplex, terutama jenis HSV-2. Tanda-tandanya yang paling jelas adalah lecet, bisul, atau luka di daerah kelamin, namun penyakit ini dapat menjangkiti seseorang tanpa menunjukkan gejala-gejala. Ini juga dapat ditularkan pada kontak kulit dengan kulit, bahkan jika seseorang yang terjangkit tidak menunjukkan peradangan atau lecet. Bisul juga dapat berkembang, hilang, dan muncul kembali selama orang tersebut, masih memiliki virusnya. Penyakit ini juga dapat ditularkan ke anak-anak, jika ibunya memiliki virus saat melahirkan, namun kondisi ini jarang terjadi. Selain gejala fisik, herpes juga menyebabkan tekanan psikologis bagi penderitanya.

Human papillomavirus (HPV) atau kutil kelamin

Kutil yang berkembang di bagian kelamin disebabkan oleh HPV; salah satu penyakit yang mudah ditularkan dan salah satu jenis penyakit menular seksual yang paling serius. Jika tidak diobati, beberapa bentuk HPV dapat menyebabkan kanker rahim, vulva, vagina, atau penis. Kutil ini berwarna seperti daging atau kemerahan dapat tumbuh dan berkelompok di sekitar organ seksual; bentuknya seperti kembang kol, baik kecil maupun besar. Biasanya tidak menyakitkan, namun bisa sangat gatal dan mengeluarkan darah, jika digaruk. Meskipun penyakit ini lebih dikenal sebagai kutil kelamin, seseorang dapat memiliki HPV di dalam tubuh tanpa menunjukkan gejala.

Hepatitis B

Hepatitis B adalah penyakit serius yang disebabkan oleh virus yang ditularkan saat berhubungan seksual. Virus Hepa B menyebar melalui mani atau cairan vagina, yang mirip dengan penularan HIV atau AIDs. Namun, Hepa B lebih mudah menular, namun yang terinfeksi dapat sembuh sepenuhnya, tidak seperti kebanyakan penderita HIV. Ada kemungkinan ini menjadi masalah yang kronis, terutama jika pembawa virus tidak mencari bantuan dengan cepat atau memiliki sistem kekebalan tubuh yang rendah. Jika dibiarkan, hepatitis dapat menyebabkan infeksi hati dan sirosis hati, atau pengerasan hati.

Klamidia

Sebuah penyakit menular seksual yang paling umum, klamidia mudah menyebar karena penyakit ini tidak memiliki gejala yang dapat terlijat. Biasanya, hanya dapat diketahui, jika pasien pergi ke ginekolog untuk pemeriksaan rutin dengan uji klamidia. Namun, ini penting bagi seseorang yang aktif secara seksual, terutama mereka yang memiliki lebih dari satu pasangan, untuk melakukan pemeriksaan klamidia, saat pergi ke ginekolog. Pada kasus yang gejalanya nampak, biasanya muncul keluarnya cairan putih atau kekuningan dari ujung penis, sering buang air kecil, sensasi terbakar, testis yang lembek, dan cairan vagina dengan bau tidak sedap.

Sifilis

Sifilis adalah salah satu penyakit menular seksual yang mudah menjangkit dan disebabkan oleh bakteri Treponam pallidum. Walaupun umumnya menyebar lewat aktivitas seksual, namun penyebaran melalui seks anal dan oral, lebih umum, karena menular ke orang lain saat ciuman secara terus menerus dan kontak dengan luka, sehingga virusnya menyebar. Namun, beberapa luka kecil dan tidak terlihat, yang terinfeksi mungkin tidak menyadari bahwa ia menyebarkan penyakit. Sifilis muncul dalam beberapa tingkatan, pada tingkat awal hanya menyebabkan satu atau dua luka di sekitar kelamin. Tingkat kedua, memunculkan ruam merah pada tangan dan kaki. Tingkat terakhir dapat merusak jantung, otak, saraf dan menyebabkan kematian, jika tidak diobati. Sifilis juga memiliki tingkat tidak aktif atau laten, di mana gejala tidak muncul.

Gonorea

Gonorea adalah penyakit yang menyebar lewat cairan tubuh dari seseorang yang terinfeksi, seperti HIV. Disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhea, yang tumbuh subur dan berkembang biak di selaput lendir tubuh dan bagian tubuh yang hangat serta lembab, seperti leher rahim, rahim, dan uretra. Kondisi ini rumit, tanpa menunjukkan gejala sama sekali, tetapi terkait dengan gejala seperti konjungtivitis, vulvitis atau pembengkakan vulva, dan pembengkakan kelenjar di tenggorokan karena oral seks. Hal ini juga menyebabkan keluarnya cairan ringan, yang seringkali diduga sebagai infeksi jamur.

HIV atau AIDS

HIV/AIDS adalah penyakit menular seksual yang dianggap paling mematikan. Diketahui sebagai virus yang merusak sistem kekebalan tubuh, yang biasanya dikenal sebagai AIDS. Katarteristiknya adalah melemahkan sistem kekebalan tubuh, sehingga tidak mampu melindungi diri dari penyakit atau infeksi. Hal ini membuat pasien sangat rentan terhadap penyakit dan tidak mampu melawan kanker. Ini juga merupakan penyakit progresif yang akan mempengaruhi seseorang sepanjang hidupnya, meskipun dengan pengobatan yang tepat orang yang terinfeksi bisa hidup normal.

Iklan Post

Baca Juga:

Iklan Post